diposkan pada : 13-10-2020 05:42:00 Selipkan STNK di Dompet kesayanganmu

Buat kamu kamu yang punya kendaraan baik itu mobil atau motor tentunya punya STNK dong dan STNK juga ada masa Berlakunya Loh,  Masa Berlaku adalah 5 tahun, namun masa Bayar Kewajibannya itu tiap tahun, besarnya beda beda tergantung kendaraannya .

Sebetulnya STNK siangkatan dari apa Sech ?

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan merupakan dokumen wajib yang harus dimiliki semua kendaraan.
Ini merupakan salah satu legalitas/ tanda Sah bahwa kendaraan yang kamu miliki sudah resmi terdaftar di pihak berwajib.
Jadi jangan lupa tiap tiap kamu bepergian mengendari Motor atau mobil, so pasti selipin STNK di Dompet Kesayangmu, ech termasuk SIM nya juga Sech.

Och iya , di STNK itu ada  beberapa istilah yang mungkin agak asing dan sedikit bikin pusing kita, seperti BBNKB, PKB, SWDKLLJ dan sebagainya.
Padahal, istilah-istilah itu bagusnya dipahami, apalagi saat ingin membayar pajak kendaraan.

Nach Untuk itu, kita kulik dech singkatan yang ada di STNK kendaraan yang bisa aja dapat mengingatkan kamu.

BBN KB
BBN KB adalah singkatan dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. BBN KB itu adalah biaya atau tarif yang ditetapkan untuk perubahan kepemilikan atau pemindahtanganan kepemilikan kendaraan dari satu pemilik ke pemilik lainnya.

PKB
Selanjutnya adalah PKB atau Pajak Pokok kendaraan bermotor. PKB itu merupakan pajak yang harus dibayarkan para wajib pajak. Besarnya tarif PKB biasanya sich sebesar 1,5% dari nilai jual kendaraan
dan punya nominal yang berbeda setiap wilayah, tergantung juga pada kebijakan yang berlaku.

SWDKLLJ
SWDKLLJ itu singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.
nach,  Ketika kamu membayar pajak kendaraan, hal ini otomatis membuat kamu terdaftar dalam asuransi yang dikelola oleh Jasa Raharja.

No. Urut, No. SKUM dan No. Kohir
No. Urut pada STNK menunjukkan nomor urut kendaraan ketika didaftarkan sesuai dengan waktu pembuatan serta pendaftaran STNK.

Sementara nomor SKUM merupakan singkatan dari Surat Kuasa Untuk Menyetor. 3 digit angka terakhir nomor SKUM ini dipakai untuk menentukan pajak progresif kendaraan yang kamu miliki.
 
Lalu No Kohir, yang merupakan pendataan nomor pendaftaran kendaraan baru yang dilakukan oleh Samsat dan Polri. Nomor Kohir tidak hanya diberlakukan pada kendaraan, melainkan juga diterapkan di pendaftaran aset yang lain seperti tanah dan pajak.

 
Kira kira itu sih tentang STNK dan beberapa istilah dalam STNK, baiknya STNK Kamu bayar 2 minggu sebelum habis masa waktunya, tapi kalo waktunya terbatas, kamu bisa juga minta tolong ke Mas / Mba yang baik di jasa pengurusan Perpanjang STNK ...

biar ga repot, dan kamu juga aman ga terlambat dalam memperpanjang STNK biar aman di jalan. Ok

@Masder